Akreditasi

Mungkin secara harfiah saya tidak bisa mengungkapkan arti dari akreditasi ini, namun saat ini saya hanya akan menceritakan proses kegiatan akreditasi ini, dari pengumpulan data sampai muncul tiga buku tebal yang akan dikumpulkan ke BAN (Badan Akreditasi Nasional).

Satu bulan ini kami mengerjakan akreditasi untuk Program Sarjana dan Program Magister Teknik Geodesi dan Geomatika. Untuk tahap pembuatannya siy sama aja kok. Yang jelas untuk masing2 program itu hasilnya nanti harus ada 3 buku tebal, yaitu Buku Evaluasi Diri, Buku Borang, dan Lampiran. Tahap pertama adalah pengumpulan data. Nah ini niy yg membuat lama. Tidak tersusunnya data di masing2 KK dan TU secara rapi dan sulitnya untuk menemui salah satu admin untuk dimintai data yang dibutuhkan adalah hambatan terbesar pada proses pengerjaan akreditasi ini.

Karena kami kerja paralel, jadi saat menunggu pengadaan data juga kami mencari referensi lain dan segera dibuat menjadi soft copy (ketik ulang dan copy paste). Setelah dibagi2, kemudian disatukan, dan menjadi berpuluh2 halaman, baru de kita mengerjakan tabel2 yang berserakan pada Borang tersebut. Pengerjaan tabel ini juga ya sangat tergantung pd data yang ada, jadi ya dikerjain dengan seadanya data saja. Bagi yg mendapat tugas pengumpulan Lampiran juga bisa langsung mengumpulkan data2 dalam bentuk hard copy yang nantinya harus disinkronkan dengan hasil Borang sebelumnya. Untuk Buku Evaluasi Diri ini dikerjakan oleh dua dosen, karena memang tidak mungkin kami yang notabennya masih sebagai mahasiswa membuat Buku Evaluasi Diri tersebut.

See..sebenarnya pengerjaan akreditasi ini tidak terlalu sulit, tp dengan waktu hanya 10 hari itulah yang membuat berat (pengadaan data 5 tahun ke belakang). Toh pada akhirnya pengerjaan akreditasi untuk program sarjana pun dapat selesai hanya dalam waktu 3 hari (kami mengerjakan program magister terlebih dahulu), ya iyalahhhh karena memang hanya mengkopi paste saja dan merubah beberapa tabel seperti tabel mahasiswa yang memang pasti sudah jelas berbeda antara program sarjana dengan magister.

Yang jelas hasil yang ingin kita dapatkan adalah peningkatan akreditasi program magister yang sebelumnya B menjadi A dan mempertahankan akreditasi program sarjananya (A).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s