Bahasa Gaoel Tempo Doeloe

Dikarenakan lusa akan ada reuni SD, mari kita nostalgila sebentar, salah satunya adalah tentang ‘bahasa rahasia’. Bahasa rahasia yang juga dijadikan sebagai kode2 atau bahasa gaulnya jaman baheula, salah tiganya (karena ada tiga yg saya tahu :D) adalah Bahasa G, Bahasa P, dan Bahasa Vendenen.

  1. Bahasa G
    à nahhh…yg termasuk pemuda pemudi 90an harusnya tau nih sama bahasa gaul yg satu ini. Bagi yang belum pernah mendengar atau lupa, saya ingatkan saja ya. Penggunaannya itu seperti ini, misalkan saja saya ingin mengatakan ‘saya selalu lapar’ nah ini nantinya akan menjadi ‘sagayaga segelagalugu lagapagar’. Kebayang ga? Jadi intinya adalah memberi imbuhan ga gi gu ge go setelah huruf vokal pada setiap kata tersebut, namun jenis imbuhannya disesuaikan (harus sama) dengan huruf vokal yang diikutinya. Contohnya kata ‘lapar’. Huruf vokal pada kata tersebut adalah a (a pertama), maka imbuhan yang disisipkan adalah ga. Huruf vokal berikutnya adalah a juga (a kedua), maka imbuhan yang disisipkan adalah ga juga tapiii jgn lupa ditambahkan huruf r (r dari suku kata ‘par’). Hasil akhirnya adalah lagapagar. Hehehe….
  2. Bahasa P
    à ini juga sama persis kok sama Bahasa G, tp ya imbuhannya bukan ga gi gu ge go, tapi pa pi pu pe po.
  3. Bahasa Vendenen
    à Ini nih, yang sampe sekarang saya aja masih bingung untuk ngobrol pake bahasa ini, apalg pas ngedengerin orang ngomong pake bahasa beginian niym hadeuh pusiang nian niy kepala. Bahasa ini sebenernya masih dipake lho sampe sekarang, karena memang sangat efektif digunakan untuk bahasa kode, dan memang sangat memusingkan untuk orang yang tidak benar2 menguasai bahasa ini. Nih ya, sepengetahuan saya saja ya (mohon koreksinya kalau kurang atau bahkan salah). Jadi..contohnya saja yang ‘saya selalu lapar’ (kenapa harus kalimat ini sih? #curcolsaudara2 :D) nah ini nantinya akan menjadi ‘savenyadenen sevenladelunen lavenparnen’. HUWAAA..bener ga sih tu??? Saya lupa… ya pokoknya begitulah. Saya tidak berani untuk menjelaskan lebih lanjut karena memang saya tidak menguasai bahasa ini. Lumayan pusing dan abstrak kan :D, maka dari itu ini bahasa kode yang paling manjur. Secara bahasa ini masih digunakan oleh sahabat saya sendiri, red: babiQuw.

Sebenarnya klo mau bikin bahasa sendiri ya bisa aja, bahasa b, c, d, f, h, j, k, l, dst. Tergantung selera saza itu sih. Oh iya, untuk bahasa vendenen itu butuh masukan+koreksi dunkz, jadi penasaran juga nih, hehe… Nanti qta sambung dengan nostalgila tahun 90an yang lainnya okay ;).

Advertisements

The One -mom’s version-

Tadinya sih mau posting tentang LiDAR niy, tapi tiba2 ga pede untuk launching ke blog, secara sama pembimbing aja belum d acc yak :D. Jadinya yaaa.. nyampah dikit lah… Kenapa eh kenapa si saya bisa ngblog ria, karena eh karena kantor sepi, lg pada presentasi di PU (katanya!), jadi ya beginilah nasib seseorang yg statusnya tidak jelas (status d kantor ini maksudnya!).

Back to the title! Hmmmmmm… read more…

Ga Penting -just ignore-

Hari ini benar2 LEMAS sangat! Sudah berkali2 melakukan ‘pengeluaran’ tp tdk ada sedikitpun pemasukan, karena setelah dimasukan pasti semuanya keluar lagi. Akibatnya adalah otak sangat tidak bisa bekerja, tangan pun lemas, perut g enak, dan selalu ingin muntah. Wat hepen wit mi ya Allah…….

1st Snorkling *\(^.^)/* (2)

Beres snorkling, kita pun lanjut melihat penangkaran penyu2, huhuhuhuhu….. Itu penyu semuanya unyu2 bgt lah, hahaha… Dari yang paling besar sampe yg masih bayi, motifnya pun bagus2, bahkan ada yg mempunyai motif seperti batik. I know no pic = HOAX, tp atuh da gimana, putunyah ada d kamera Ihsan semua :D.

Karena itu pertama kalinya kita di Pulau Pramuka, maka untuk saya pribadi saya tidak rela melewatkan malam minggu di Pulau Pramuka hanya dengan tidur. Jadi, setelah mandi, makan malam, langsung kembali menyusuri Pulau, namun karena eh karena kartu UNO tertinggal di rumah (penginapan), balik lagi dahhh… *Ihsan..temenin yukzzz…. *tega aja gtu klo disuruh sendirian balik lagi malem2, heuheu…. Setelah mengambil kartu, lgsg menuju pelabuhan menyusul teman2 yg sudah menunggu, tp dikarenakan ini Pulau sedang rame2nya, jadi akhirnya kita memutuskan untuk kembali ke arah penginapan, namun tidak untuk pulang tp untuk main UNO d lapangan d depan kantor bupati (tetap di pinggir pantai). Hukuman yang selalu diterapkan saat saya main adalah: yap JONGKOK, hihihihi,,, selamat jongkok \(^.^)/. DANNN,,saya lah yang pertama kali mendapat hukuman itu, zzzzzzzzzzzz… Tapi cukup satu kali, karena setelah itu semua mendapat giliran jongkok dan yang paling banyak jongkok adalah Maman, ihihihihihihihi!!!! *cekikikan puas…. Btw, ini semua dokumentasi bukti jongkok ada di Ihsan juga, zzzzzzz…..

Setelah Maman mulai merasa lelah dengan UNO (lelah jongkok sih lebih tepatnya), kita pun memutuskan untuk pulang dan itu tanpa ada basa basi apapun saya lgsg tidak sadarkan diri dan benar2 lupa jam brp tidurnya, Alhamdulillah tidur dengan sangat nyenyak :).

*Huadohhhh..gatel mau masukin foto2 penyu dan kawan2, tapi apa daya ada yg hobi mingit isi kamera, males ngupload dan ga dicopy ke kita2 pulak, hihhhhhhhhhhh..kopettttttttt ;p. *sewotmodeon*

1st Snorkling *\(^.^)/* (1)

Saatnya bercerita tentang pengalaman snorkling pertama saya di P. Pramuka selama dua hari satu malam. Sperti biasa, saya bagi2 ya ceritanya, pasti kepanjangan klo disekaligusin mah..

Berawal dari keberangkatan kami dari Bandung pukul 1 lewat 15 menit dini hari tgl 5 Mare5 2011 menggunakan X-Trans ke arah Semanggi (Hotel Kartika Chandra), total yang berangkat adalah 5 orang (saya, Maman, Ihsan, Dimas, Dipo). read more…

confession

Jakarta, 29 Maret 2011 ; 15:18

Blog ketiga yang akan dposting entah kapan..

Mengagumi Tanpa Terucapkan

SUBHANALLAH.. Itulah satu ‘kata’ yg ada di hati+otak saya tanpa saya bisa berkata2 dan pada akhirnya hanya ditumpahkan melalui twitter dan blog ini. ‘Kata’ itu muncul di saat saya iseng2 melihat dp bbm yg ada di BB saya. Dp bbm milik seseorang yang selalu saya kagumi dari awal saya mengenalnya, baik itu secara fisik ataupun setelah jauh lebih dalam mengenalnya. Memang ‘kata’ itu pada saat ini merupakan kekaguman untuk fisik saja (just saw the picture). read more…

Ngomel Time!!!

Jakarta, 29 Maret 2011 ; 12:11

Blog kedua yang akan dposting entah kapan..

SAATNYA NGOMEL!!!!!!!!!

Knp saya harus ngomel2, karena pulsa yang baru saya isi, tiba2 terkuras 70 ribu!!!!!!!! Ya Allah…itu buat anak kost bisa makan berapa kali yak?!? Bisa sekali ongkos ke Bandung pula!!! Fiuhhhhhhhhhh… Kenapa bisa terkuras? Begini ceritanya: read more…

penantian jumatan

Ini blog pertama yg sudah dketik dr jaman kapan tau ya saudara2 :D.

Jakarta, 25 Maret 2011 ; 13:10

Blog yang akan dposting entah kapan..

Saya akan menggambarkan posisi saya berada sekarang ya, tapi bukan posisi koordinat yak. Saat ini saya sedang duduk di sebuah kursi dengan menaikkan kaki a.k.a duduk sila sambil mengetik blog ini pada laptop di sebuah meja d depan saya yang terdapat tumpukan beberapa kertas, buku, alat tulis, mouse, dan satu gelas kosong (dapat dilihat pada foto d bawah ini). read more…