Bahasa Gaoel Tempo Doeloe

Dikarenakan lusa akan ada reuni SD, mari kita nostalgila sebentar, salah satunya adalah tentang ‘bahasa rahasia’. Bahasa rahasia yang juga dijadikan sebagai kode2 atau bahasa gaulnya jaman baheula, salah tiganya (karena ada tiga yg saya tahu :D) adalah Bahasa G, Bahasa P, dan Bahasa Vendenen.

  1. Bahasa G
    à nahhh…yg termasuk pemuda pemudi 90an harusnya tau nih sama bahasa gaul yg satu ini. Bagi yang belum pernah mendengar atau lupa, saya ingatkan saja ya. Penggunaannya itu seperti ini, misalkan saja saya ingin mengatakan ‘saya selalu lapar’ nah ini nantinya akan menjadi ‘sagayaga segelagalugu lagapagar’. Kebayang ga? Jadi intinya adalah memberi imbuhan ga gi gu ge go setelah huruf vokal pada setiap kata tersebut, namun jenis imbuhannya disesuaikan (harus sama) dengan huruf vokal yang diikutinya. Contohnya kata ‘lapar’. Huruf vokal pada kata tersebut adalah a (a pertama), maka imbuhan yang disisipkan adalah ga. Huruf vokal berikutnya adalah a juga (a kedua), maka imbuhan yang disisipkan adalah ga juga tapiii jgn lupa ditambahkan huruf r (r dari suku kata ‘par’). Hasil akhirnya adalah lagapagar. Hehehe….
  2. Bahasa P
    à ini juga sama persis kok sama Bahasa G, tp ya imbuhannya bukan ga gi gu ge go, tapi pa pi pu pe po.
  3. Bahasa Vendenen
    à Ini nih, yang sampe sekarang saya aja masih bingung untuk ngobrol pake bahasa ini, apalg pas ngedengerin orang ngomong pake bahasa beginian niym hadeuh pusiang nian niy kepala. Bahasa ini sebenernya masih dipake lho sampe sekarang, karena memang sangat efektif digunakan untuk bahasa kode, dan memang sangat memusingkan untuk orang yang tidak benar2 menguasai bahasa ini. Nih ya, sepengetahuan saya saja ya (mohon koreksinya kalau kurang atau bahkan salah). Jadi..contohnya saja yang ‘saya selalu lapar’ (kenapa harus kalimat ini sih? #curcolsaudara2 :D) nah ini nantinya akan menjadi ‘savenyadenen sevenladelunen lavenparnen’. HUWAAA..bener ga sih tu??? Saya lupa… ya pokoknya begitulah. Saya tidak berani untuk menjelaskan lebih lanjut karena memang saya tidak menguasai bahasa ini. Lumayan pusing dan abstrak kan :D, maka dari itu ini bahasa kode yang paling manjur. Secara bahasa ini masih digunakan oleh sahabat saya sendiri, red: babiQuw.

Sebenarnya klo mau bikin bahasa sendiri ya bisa aja, bahasa b, c, d, f, h, j, k, l, dst. Tergantung selera saza itu sih. Oh iya, untuk bahasa vendenen itu butuh masukan+koreksi dunkz, jadi penasaran juga nih, hehe… Nanti qta sambung dengan nostalgila tahun 90an yang lainnya okay ;).

Advertisements

6 thoughts on “Bahasa Gaoel Tempo Doeloe

  1. Baru tau ada begitu banyak bahasa gaul ternyata pada taun 90-an, berarti gak gaol nih. Seingat saya sih pas jaman2nya SD atau SMP di Bandung itu, biasanya kalo ngomong pasti diakhiri kata-kata doggy alias anj**ng, biar terlihat gaul and keren.

    • hehehe…si akang ini angkatan berapa dulu nih? curiga anak tahun 70an, hehehehe…ooooppsss..ampun ahhhh :D. Klo di bandung sih emang gtu, tp sewaktu saya d jkt, selain gw-elo ya pake bahasa beginian juga kang, hehe…..

  2. dannnnn..sudah ada yg mengkoreksi de tuh klo emang salah tu bahasa vendenen, hadoooohhhhh, gimana sih aturan yg benernya ya?!?!?!?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s