eliminasi si noda kuning

Pernah ngalamin baju putih berubah menjadi kuning? Nahhh…klo saya sih sering banget tuh, entah memang krn nyucinya kurang bersih atau memang krn airnya yang kotor. Dulu saya pernah diceritakan enyak saya bahwa semua noda itu bisa hilang dengan menggunakan sitrun. Jadi setelah direndam, dikucek, dan dibilas, langsung direndam sitrun atau dengan mencampurkan sitrun tersebut dalam rendaman detergennya 1:1. Nah..saya pikir itu hanya gosip2 belaka krn saya belum pernah mencobanya langsung. Tapi ternyataaaaa….

Jadi gini ceritanya, berawal dari kisah seragam si abang yang mana si kemeja itu kudu warna putih selama setahun. Setelah dilihat2, baru juga 4-5 bulan dipake, tp kuningnya udah aduhai dimana2. Awalnya saya pikir emang si abang aja yg nyucinya hare2 (apaan yak bhs indonya :D), tapi akhirnya saya percaya klo kuningnya itu sepertinya krn faktor air sewaktu tiba2 si abang menunjukkan baju putih yang sudah menjadi warna coklat muda (kuning teramat sangat) total! Maksudnya total itu ya itu kemeja benar2 menjadi warna coklat, bukan ada noda, tapi memang sudah berubah warna. Hal ini diperparah karena baju itu tidak direndam dengan detergen biasa, tp menggunakan salah satu merk pemutih yg sudah cukup terkenal. Jadi ingat, tidak perlu menggunakan detergen2 pemutih yang mengumbar janji di iklan.

Akhirnya saya mencoba tips dari enyak saya bertahun2 yg lalu, SITRUN. Akhirnya saya larutkan satu bungkus sitrun untuk satu ember dan saya masukkan si kemeja ‘coklat’ tersebut, lalu saya rendam sekitar 30 menit. Benar2 ajaib, itu baju kembali menjadi warna putih dan si airnya menjadi warna kuning. Saya tahu mungkin no pic = hoax ya, tapi bener deh saya ga bohong, itu seriusan jadi putih. Noda2 kuning di leher juga yang tadinya sangat kuning, yaaa…berkurang lah kuningnya.

Jadi, untuk yang mengalami masalah noda kuning pada pakaian putih, ini benar2 bisa menjadi tips yang aduhai ;). Dibandingkan dengan menggunakan merk pemutih yang harganya jg lumayan ya, mending pake sitrun yang harganya hanya seribu rupiah per bungkus, aheyyy. Tapi sepertinya jangan pake sering2 deh si sitrun ini, yaaa…brp bulan sekali aja, alasannya adalah feeling saya saja sih, bwahahahaha #mintadigamparsisayah :D.

Advertisements

6 thoughts on “eliminasi si noda kuning

  1. neng, saya itu punya loundrean kecil2 lan, terkadang ada pakaian yang bener-bener bikin ampuuuuunnn dahh bukan main bandelnya,(susah hilangnya), nehhh yang mau anehh tanyakan, apa betul tu obat bisa bikin baju yang kusam jadi putih kembali, terus dapatnya di mana,…?

    • hmmm..sebenernya tergantung mas, itu noda krn apa susah hilangnya? klo sitrun ini cenderung krn air yg kurang bersih, contohnya air d jkt kan sudah tercemar, jadi ya sitrun ini untuk menjernihkan si airnya saja,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s